Modul 1.3.e Mulai Diri “Imajiku tentang murid di masa depan”
Modul 1.3.e Mulai Diri “Imajiku tentang murid di masa depan”
Apa dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi?
Saya mempunyai harapan; saya berhasil menjadi orang tua yang mengantar dan membekali anak didik saya dengan pengetahuan dan arti hidup dan anak didik saya berhasil dan bahagia dalam kehidupannya kelak.
Hanya bangga dan bahagia yang diperoleh jika usaha kita membuahkan hasil, apapun hasilnya nanti setidaknya proses dan perjuangan yang saya lakukan dengan serius dan tulus adalah salah satu bukti ke profesionalan saya dalam mengabdi.
Visi : "Mewujudkan lingkungan pendidikan yang mandiri & inovatif dengan potensi budaya yang berkelanjutan dengan pendekatan among sesuai Profil Pelajar Pancasila."
Penjelasan:
Mewujudkan lingkungan pendidikan: Menunjukkan pendekatan holistik yang mencakup seluruh aspek pendidikan.
Pendekatan among: Menggambarkan bimbingan dan pengasuhan yang penuh kasih sayang dan kepercayaan.
Menghargai kodrat alam dan kodrat zaman anak: Mengakui pentingnya lingkungan alami dan perubahan zaman dalam pengembangan anak.
Memanfaatkan potensi unik serta kekuatan lokal: Menunjukkan pengakuan dan penggunaan sumber daya lokal dan adat yang khas.
Menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan inklusif: Berorientasi pada persiapan jangka panjang dan adaptasi terhadap perubahan, serta memastikan keberlanjutan dan inklusivitas.
Memberdayakan murid sebagai pembelajar mandiri, inovatif, dan berdaya saing global: Menekankan karakteristik yang diinginkan dari setiap siswa.
Modul 1.3 Tugas Visi Mandiri
Apa hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya itu?
Perjuangan, jaringan informasi, pengalaman dan proses saya selama ini merupakan bekal kuat untuk menjadi lebih profesional lagi. Apa yang telah saya pelajari dan lakukan selama ini ternyata telah mencerminkan visi Ki Hajar Dewantara dalam ruas tertentu. Dan apa yang telah dan sedang saya lakukan mendapat respond baik dan dukungan dari berbagai fihak yang juga turut bekerjasama dalam memajukan dunia pendidikan.
Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik?
Saya akan menggunakannya untuk menginspirasi rekan dan kelompok serta komunitas untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan kekuatan dan potensi positif yang sudah ada, serta menciptakan perubahan yang bermakna dan berkelanjutan. Penerapan ini untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan perbaikan berkelanjutan dan diterapkan dalam konteks organisasi, pendidikan, komunitas, dan berbagai bidang lainnya.
Modul 1.3.f.2 - Tugas Kesimpulan Inkuiri Apresiatif
Tugas 1.3.g.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.3
Tugas 1.3.h Demonstrasi Kontekstual - BAGJA
Tugas 1.3 Refleksi Dwi Mingguan - VISI - BAGJA
Tugas Modul 1.3 Aksi Nyata - VISI - BAGJA